Wed. Oct 21st, 2020

Pembinaan Teknis Pengelolaan Data Base Sistem Informasi Sumber Daya Air (SISDA)

2 min read

Purworejo, 03/10. Bertempat di ruang rapat Bidang Sumber Daya Air diselenggarakan Pembinaan Teknis Mengenai Pengelolaan Data Base Sistem Informasi Sumber Daya Air (SISDA). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan SDM dalam menggunakan aplikasi geospasial pengelolaan data base sisda.

Kegiatan yang dihadiri oleh para staf Bidang Sumber Daya Air dan narasumber dari Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO) Ibu Diah Noor Heryanti, S.T, M.Sc mendapatkan apresiasi yang baik karena dapat meningkatkan keahlian olah data sisda dengan menggunakan aplikasi geospasial ArcGIS.

Pengelolaan data base sisda perlu dilakukan guna mengetahui perkembangan daerah irigasi terutama menyangkut luas areal. Sejalan berkembangnya zaman, maka luas areal irigasi dimungkinkan mengalami perubahan luas areal. Areal sawah bisa saja berubah menjadi lahan lain seperti perumahan, jalan, atau lainnya sehingga update data sisda perlu dilakukan. Hal ini penting karena kedepannya sebagai dasar pekerjaan untuk perbaikan, rehabilitasi maupun pemeliharaan jaringan irigasi.

Pembinaan teknis dalam menggunakan aplikasi geospasial ArcGIS ini diawali dengan menentukan layout batas peta untuk Daerah Irigasi yang dipilih. Selanjutnya menginput data GPS dari hasil survei. Data GPS diperoleh hasil digitasi survei lapangan yang telah dilakukan sebelumnya. Setelah proses input dilakukan tahap selanjutnya adalah membuat titik lokasi bendung, jaringan irigasi dan luas areal irigasi berdasarkan data digitasi. Jika semua data sudah diplot kedalam peta akan ditampilkan sebuah produk yaitu peta daerah irigasi. Peta inilah yang akan manjadi data base sisda terbaru.

Diakhir acara tidak lupa peserta bimbingan teknis dan narasumber saling berbagi cerita mengenai permasalahan yang terjadi di Dinas maupun di Balai tentang irigasi. Dari hasil sharing diskusi tersebut diperoleh berbagai solusi untuk menangani permasalahan irigasi yang begitu kompleks dan rencana kegiatan irigasi untuk tahap kedepannya antara Dinas PUPR Purworejo dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak.