Wed. Oct 21st, 2020

PERTEMUAN KONSULTASI MASYARAKAT (PKM) PERENCANAAN PEMBANGUNAN EMBUNG TLOGOGUWO

1 min read

Bertempat di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purworejo pada Hari Jum’at 25 September 2020 diselenggarakan Pertemuan Konsultasi Masyarakat (PKM) mengenai Perencanaan Embung Tlogoguwo. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas DPUPR Kab. Purworejo, PPK Bidang Perencanaan dan Progam, Direksi Teknis dan Direksi Lapangan, Pelaksana PPK Perencanaan dan Progam dari Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO), Camat Kaligesing, Kepala Desa Tlogoguwo serta dari konsultan perencana teknik PT. Virama Karya dan beberapa perwakilan warga dari Desa Tlogoguwo.

Embung Tlogoguwo direncanakan dibangun di Dusun Gogoluwas, Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Embung ini direncanakan mampu menampung air sebesar 15.775 m³ yang nantinya digunakan sebagai irigasi, air baku dan perkembangan potensi wisata di Desa Tlogoguwo. Sumber air dari Embung Tlogoguwo ini berasal dari mata air Tuk Mudal dan Tuk Muncul.

Pada pertemuan ini dibahas kajian desain dari Embung Tlogoguwo yang nantinya Embung Tlogoguwo akan dibangun dilahan seluas 6.736 m² dilengkapi dengan jalan masuk, kantor jaga, taman, pujasera, mushola, tempat palkir kendaraan dan fasilitas lainnya. Hal ini tentu memberikan potensi peningkatan dari segi ekonomi bagi warga sekitar. Menurut paparan dari Pihak Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO) pembangunan Embung Tlogoguwo direncanakan dimulai dalam 2 tahun kedepan melihat situasi dan kondisi ekonomi saat ini. Kepala Dinas DPUPR juga berharap nantinya keberadaan Embung Tlogoguwo menjadi icon dari Kabupaten Purworejo yang menjadi daya tarik bagi wisatawan dan kemajuan Kabupaten Purworejo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *