Tue. Mar 2nd, 2021

Peninjauan Lapangan Terhadap Permohonan IMB

1 min read

Akhir Oktober  2020 telah dilaksanakan peninjauan lapangan terhadap permohonan IMB warga yang beralamat di Kelurahan Purworejo, Kecamatan Purworejo. Tim peninjauan lapangan tersebut terdiri dari beberapa OPD terkait diantaranya DPMPTSP dan DPUPR. Bangunan tersebut akan digunakan untuk bangunan Rumah tinggal.

Sesuai dengan Perda Nomor 27 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Purworejo, lokasi rencana didirikan bangunan tersebut adalah kawasan permukiman. Ketentuan Umum Peraturan Zonasi di dalam kawasan permukiman tersebut adalah sebagai berikut:

Diperbolehkan untuk pembangunan permukiman dengan syarat di luar kawasan lindung dan lahan pertanian pangan berkelanjutan, Diperbolehkan untuk kegiatan perdagangan dan jasa serta kegiatan penyediaan fasilitas sosial dan fasilitas umum dengan syarat sesuai dengan skalanya, Tidak diperbolehkan untuk kegiatan budidaya lain yang berpotensi mengganggu ketenangan kawasan, Intensitas pemanfaatan ruang rendah

Lokasi tempat didirikannya bangunan tersebut berada pada ruas jalan dengan fungsi lingkungan sekunder. Berdasarkan Perda Nomor 22 Tahun 2019 tentang Sempadan pasal 33 ayat 2 Fungsi jalan  lingkungan sekunder mempunyai sempadan pagar 2 meter dan pasal 48 ayat 2 sempadan bangunan 3 meter dari as jalan. Bangunan tersebut berada 7 meter dari as jalan.

Diharapkan ke depan seluruh bangunan di Kabupaten Purworejo dibangun di kawasan yang sesuai dengan peruntukannya, tidak melanggar sempadan yang ditetapkan dan memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *