Wed. Oct 21st, 2020

Sejarah DPUPR Kabupaten Purworejo

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purworejo lahir berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Purworejo Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Purworejo. Berawal dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Purworejo (DPUK) sampai dengan tahun 2001 berubah menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Lingkungan Hidup (DPULH) karena adanya merger dengan 1.Dinas Cipta Karya Kedu Selatan, 2.Dinas Kebersihan dan Pertamanan, dan 3.Bagian Lingkungan Hidup Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Kemudian pada tahun 2003 berubah menjadi Dinas Pemukiman dan Prasarana Daerah (KIMPRASDA) menyesuaikan dengan nama kementrian pada saat itu dan keluarnya bidang Lingkungan Hidup menjadi OPD (Organisasi Perangkat Daerah) tersendiri. Pada Tahun 2009 kembali berubah menjadi Dinas Pekerjaan Umum (DPU) sampai dengan tahun 2017. Di tahun 2017 setelah bergabungnya Bidang Sumber Daya Air dari Dinas Pengairan dan keluarnya Bidang Kebersihan dan Pertamanan, DPU berubah nama menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Seperti disebutkan dalam Peraturan Daerah  Kabupaten Purworejo Nomor 14 Tahun 2016 dan  dijabarkan dalam Peraturan Bupati Purworejo Nomor 69 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Purworejo, Dinas Pekerjaan Umum dan  Penataan Ruang merupakan Dinas Tipe A yang menyelenggarakan urusan pemerintahan Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, yang mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan bidang pekerjaan umum dan penataan ruang sesuai dengan kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Kabupaten, yang meliputi bidang perencanaan dan pengembangan, sumber daya air, bina marga, dan cipta karya.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Susunan Organisasi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, terdiri dari Kepala Dinas, Sekretariat (terdiri dari Sub Bagian Keuangan, Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, dan Sub  Bagian Perencanaan, Evaluasi, dan Pelaporan), Bidang Bina Marga (terdiri dari Seksi Jalan dan Jembatan, dan Seksi Laboratorium dan Alat Berat),  Bidang Sumber Daya Air (terdiri dari Seksi Operasi Irigasi,  Seksi Pemeliharaan dan Rehabilitasi Irigasi, dan Seksi Drainase Irigasi dan  Sistem Informasi SDA), Bidang Cipta Karya (terdiri dari Seksi Tata Bangunan dan  Lingkungan Hidup, Seksi Perencanaan dan Pemanfaatan Ruang, dan Seksi Pengawasan dan Pengendalian Ruang), Bidang Perencanaan Teknis Dan Pengembangan (terdiri dari Seksi Perencanaan, dan Seksi Pengembangan dan Jasa Konstruksi), dan UPT.

Sebagai salah satu pilar Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo, DPUPR berkewajiban untuk mensukseskan Visi Bupati Kabupaten Purworejo 2016 – 2021 yaitu TERWUJUDNYA  KABUPATEN PURWOREJO YANG SEMAKIN SEJAHTERA BERBASIS PERTANIAN, PARIWISATA, INDUSTRI, DAN PERDAGANGAN YANG BERWAWASAN BUDAYA, LINGKUNGAN DAN EKONOMI KERAKYATAN dan sebagai tindak lanjut untuk mensukseskan Visi tersebut,  DPUPR Kabupaten Purworejo membuat Rencana Strategis (RENSTRA) 2016 – 2021 dengan mengacu pada RPJMN dan RPJMD  yang sudah ditetapkan.  Dalam dokumen Renstra DPUPR Tahun 2016 – 2021 berisi dokumen acuan  yang didasari atas persepsi positif atas kemampuan dan sasaran yang lebih realistis dan  tetap memperhatikan susbstansi kebijakan pembangunan infrastruktur secara makro di Kabupaten Purworejo.  Selain berdasarkan amanah RPJMD Kabupaten Purworejo,  berbagai isu strategis Kabupaten Purworejo menjadi warna dalam pengembangan teknis pembangunan infrastruktur dan upaya penerapan harmonisasi prinsip pembangunan berkelanjutan.